Prabowo Sebut Bakal Tambah 300 Fakultas Kedokteran, IDI: Berlebihan, Lebih Baik Buka Prodi Spesialis

Wecome Ulthyme di Situs Kami!

Ulthyme, Jakarta – Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menyatakan akan menambah 300 fakultas kedokteran (FK). Saat ini terdapat 92 fakultas kedokteran di Indonesia. Penambahan FK sedang berlangsung. Kekurangan 140.000 dokter di Indonesia Prabowo Sebut Bakal Tambah 300 Fakultas Kedokteran, IDI: Berlebihan, Lebih Baik Buka Prodi Spesialis

Terkait proyek yang diusung Prabowo pada debat capres lalu. Menurut Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia, Dr. Mohamad Adib Khumaidi dari SpOT, Adhib dengan tegas menyatakan penambahan FK terlalu berlebihan.

“(Menambahkan) 300 fakultas kedokteran dinilai terlalu banyak, terlalu banyak,” kata direktur secara online, Senin (5/2/2024). Ini Lima Fakta dan Mitos Seputar Pola Makan Sehat

Presiden mengatakan, pembentukan tim medis harus berdasarkan prinsip. Sedangkan jika dalam lima tahun ke depan banyak tercipta keterampilan kedokteran, maka kita akan banyak melahirkan lulusan kedokteran yang akan menjadi dokter umum. Jadi yang terjadi adalah dokter di Indonesia melimpah.

“Kalau kita bicara produksi (produksi dokter) tanpa menyebut distribusi dan distribusi, kita akan menghadapi kemungkinan kurangnya lapangan kerja intelektual, yaitu tenaga kesehatan sebagai profesional,” kata Adeeb.

Adhib menjelaskan: “Pengangguran para profesional sebenarnya bekerja seperti dokter tetapi mereka tidak bisa mendapatkan pekerjaan,” jelas Adhib.

Ketika dokter kehilangan pekerjaannya, itu sangat menyakitkan. Selain itu, biaya studi doktoral juga mahal. Dan ketika saya lulus, ada begitu banyak dokter sehingga saya tidak bisa mendapatkan pekerjaan.

“Maka Anda harus memulainya dengan mengetahui jumlah dokter yang Anda butuhkan,” kata Adhib.

Adeeb menegaskan, yang dibutuhkan saat ini adalah tenaga medis profesional. Sekaligus kalau kita membuka 300 keterampilan kedokteran, maka akan dihasilkan dokter umum.

“Yang benar-benar dibutuhkan adalah tenaga medis profesional. Oleh karena itu, kini kita perlu membuka program pendidikan dokter khusus sesuai kebutuhan daerah masing-masing. Sekarang apa saja program penting di kawasan itu?” saran Adhib.

Berdasarkan informasi terkini Konsil Kedokteran Indonesia, jumlah dokter yang ada sebanyak 226.090 orang, terdiri dari 173.247 dokter umum dan 52.843 dokter spesialis. Prabowo Sebut Bakal Tambah 300 Fakultas Kedokteran, IDI: Berlebihan, Lebih Baik Buka Prodi Spesialis

Saat membuka debat calon presiden kelima yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu, 4 Februari 2024 malam, Prabowo angkat bicara soal rencana perluasan fasilitas kesehatan.

“Kekurangan 140.000 dokter akan segera diatasi dengan perluasan Fakultas Kedokteran (FK) di Indonesia. Dari 92 menjadi 300 kantor kesehatan,” kata Prabowo.

Prabowo berjanji akan menyekolahkan 10.000 anak Indonesia berprestasi untuk belajar kedokteran di luar negeri. Lalu ada puluhan ribu anak cerdas yang akan mendapat beasiswa ke luar negeri untuk belajar sains, matematika, biologi, dan fisika.

Tulisan ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag , , , , , . Tandai permalink.