Makanan Instan Walau tak Asin Tetap Mengandung Banyak Garam

Sugeng rawuh Ulthyme di Situs Kami!

Ulthyme, JAKARTA – Ahli gizi dari Badan Pelayanan Gizi Rumah Sakit Umum Pusat Nasional, dr Sipto Mangunkusumo mengingatkan Firlianita Ahdiyanti bahwa meski makanan instan tidak asin, namun memiliki kandungan bahan pengawet yang tinggi. garam Anda juga harus mewaspadai garam tersembunyi dalam makanan cepat saji seperti makanan instan atau keripik kentang. Makanan Instan Walau tak Asin Tetap Mengandung Banyak Garam

Garam yang tersembunyi banyak terdapat pada gorengan, keripik, pedas, tentu banyak garam yang tersembunyi, kata Firlianita dalam diskusi kesehatan online yang diikutinya di Jakarta, Selasa (23/1/2024). Nyanyi dan Main Alat Musik Bantu TIngkatkan Ingatan Lansia

Kementerian Kesehatan, menurutnya, menyarankan masyarakat untuk mengonsumsi satu sendok teh garam atau 2.400 miligram natrium per hari, sebagai bagian dari pola makan bergizi seimbang, untuk menjaga berat badan tetap normal atau sehat. Kerentanan terhadap penyakit menular dan peningkatan produktivitas kerja. , dan terlindungi dari penyakit kronis.

Menurut penelitian dari University of Rochester Medical Center, satu paket (sekitar 8 ons) keripik kentang asin dan tawar mengandung sekitar 1.191 miligram sodium. Sedangkan 100 gram daging kornet mengandung sekitar 1.250 miligram natrium.

Berbicara mengenai pola makan gizi seimbang, di dalamnya juga terdapat anjuran konsumsi gula harian yang tidak boleh melebihi empat sendok teh per hari. Lain halnya dengan garam, mereka yang menambahkan firlianita teringat akan apa yang sering tidak mereka sadari tentang adanya gula tersembunyi dalam makanan dan minuman.

“Roti, kue, minuman, minuman kopi modern dengan rata-rata empat hingga lima sendok teh gula per cangkir seringkali merupakan gula tersembunyi yang tidak disadari,” ujarnya.

Selain itu gula rafinasi baik berupa gula palem, gula merah, maupun gula batu tetap mengandung sukrosa atau gula sederhana, kata Firlianita.

“Orang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman manis seperti sirup atau teh manis, mungkin tanpa sadar mengonsumsi gula lebih dari empat sendok teh,” ujarnya. Makanan Instan Walau tak Asin Tetap Mengandung Banyak Garam

Bukan hanya garam dan gula, tapi lemak juga harus rendah dan mewaspadai keberadaannya yang tersembunyi pada makanan seperti kulit hewan seperti kulit ayam dan gorengan.

“Makanan yang digoreng banyak menyerap minyak, apalagi gorengan berbahan tepung yang banyak kalori, banyak karbohidrat, banyak lemak dan banyak garam, apalagi jika dikonsumsi berlebihan,” jelas Firlianita.

Tulisan ini dipublikasikan di Kesehatan dan tag , , , , , , . Tandai permalink.