Kontribusi Spa untuk Tingkatkan Daya Saing Pariwisata Indonesia, Tak Bisa Dianggap Hiburan Semata

Sugeng rawuh Ulthyme di Portal Ini!

Ulthyme, Jakarta – Banyak cara untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, salah satunya dengan pemandian ala Indonesia. Faktanya, spa Indonesia, yang diwakili oleh Bali, dinobatkan sebagai tujuan spa terbaik dunia pada tahun 2009 oleh majalah kebugaran yang berbasis di Berlin, Senses. Hal tersebut diungkapkan Wulan Tilaar, Presiden II Asosiasi Spa Indonesia (ASPI) sekaligus pemilik Marta Tilaar Spa. Kontribusi Spa untuk Tingkatkan Daya Saing Pariwisata Indonesia, Tak Bisa Dianggap Hiburan Semata

“Reputasi spa Indonesia sudah buruk, apalagi sekarang saya berbicara dari pengalaman Marta Tilaar, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sering bekerjasama dengan mereka untuk acara MICE. Dan selalu diundang,” kata Wulan saat dihubungi tim gaya hidup Ulthyme di Jakarta , Sabtu 27 Januari 2024.

Artinya, pemerintah melihat potensi spa sebagai komponen pariwisata yang sangat menjanjikan, lanjutnya.

Pemandian khas Indonesia punya sederet manfaat. Yang utama, kata Wulan, adalah budaya pelayanan (perhotelan) yang dimiliki masyarakat Indonesia. Keramahan dan ketulusan dalam melayani membuat para tamu nyaman saat menjalani terapi spa ala orang Indonesia.

“Terapis kami dikenal sebagai terapis dengan tangan yang hangat dan hati yang baik. Sangat ramah, hangat, dan ramah. Spa relaksasi membutuhkannya,” kata Wulan. 7 Potret Rumah Baru Boiyen Bergaya American Terinspirasi Istana Andre Taulany

Tak heran, Wulan menyebut terapis spa asal Indonesia sangat populer. Banyak layanan bagi mereka yang bekerja di luar negeri dinilai lebih tinggi dibandingkan terapis dari negara lain. Salah satu kasusnya terjadi di cabang Martha Tilaar di Sri Lanka.

“Di situ biaya terapi spa yang digandeng terapis spa Indonesia lebih mahal dibandingkan perawatan lain. Ada (terapis) Indonesia, orang lain, harganya mungkin berbeda-beda, dan tidak apa-apa. Mereka lebih percaya,” kata Wulan.

Tak hanya di Sri Lanka, masyarakat di Asia Tenggara khususnya Malaysia dan Singapura juga sangat tertarik dengan terapi spa yang dilakukan masyarakat Indonesia. “Di Batam, pelanggan kami nomor satu (dari Malaysia dan Singapura). Pastinya di Jakarta, Malaysia, ujarnya.

Begitu pula dengan pelanggan dari Eropa Barat, Rusia, dan Jepang. “Jepang itu agak spesifik karena lebih memilih yang paham bahasa Jepang,” tambah Wulan.

Selain keterampilan pijat dan sikap para terapisnya, spa Indonesia juga bersaing dalam hal harga yang lebih terjangkau. “Cukup bayar $200 di New York.” Kita bisa dapat 300-500 ribu rupee. Harganya relatif terjangkau dibandingkan kualitas yang didapat,” ujarnya.

Kekuatan spa dalam mempromosikan pariwisata Indonesia juga ditunjukkan oleh kontribusi ekonominya. Mengutip data Global Health Institute tahun 2022, Wulan mengatakan Indonesia berada di peringkat 14 dalam 20 pasar teratas tahun 2022, dengan pendapatan sebesar US$1,58 miliar.

Sementara itu, rata-rata pendapatan tahunan dari spa selama periode 2020-2022 mengalami peningkatan sebesar 25,4 persen. Sebelumnya, pendapatan spa turun 49,31 persen selama pandemi akibat berbagai pembatasan. Meski peningkatannya tidak melebihi penurunan yang terjadi, namun angka tersebut menunjukkan tren positif pada industri spa.

“Jadi kita benar-benar punya kontribusi besar bagi negara dengan mendukung pariwisata. Setidaknya yang saya ikuti dua tahun terakhir, Menteri Sandiaga Uno aktif menggalakkan wisata wellness. Ada spa, yoga, meditasi, pengobatan tradisional,” ujarnya. terjamin.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pun tak menampik hal tersebut. Berdasarkan penjelasan Satgas Pariwisata Kebugaran dan Kesehatan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam keterangan tertulisnya kepada Ulthyme, spa, ethno-spa, dan kecantikan diidentifikasi sebagai salah satu kategori atraksi wisata kebugaran.

Atraksi berupa layanan perawatan tubuh dan perawatan estetika untuk kebugaran dan kecantikan, seperti spa, ethno-spa, klinik kecantikan anti penuaan, relaksasi, layanan estetika dengan bahan tradisional atau dipadukan dengan peralatan modern termasuk dalam deskripsi The kategorisasi atraksi wisata kebugaran Indonesia yang disusun pada tahun 2023 .

“Yang menjadi panduan bagi pemangku kepentingan untuk dapat mengidentifikasi prioritas atraksi wisata yang layak dalam upaya mewujudkan pembangunan pariwisata yang berkualitas, berdaya saing, dan berkelanjutan, serta menentukan strategi pemasaran dan promosi,” jelas tim.

Berbagai pemandian tradisional dapat menjadi salah satu penunjang pariwisata dan daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Indonesia. Selain itu, lanjut mereka, spa dan wellness ala Indonesia memiliki sejarah dan filosofi pelayanan kesehatan yang panjang di masa lalu.

“Manparekraft Sandiaga Uno saat berkunjung ke Dubai, Uni Emirat Arab, mengetahui bahwa terapis spa asal Indonesia cukup terkenal dan diminati di pasar internasional karena memiliki reputasi yang baik,” kata tim.

Pemerintah menyadari hal tersebut dan memfasilitasi pengusaha spa lokal melalui berbagai kegiatan. Salah satunya adalah Indonesia Tourism Exchange Forum (IHTEF) 2023 yang mempertemukan wisata kesehatan, wisata medis, dan wisata kesehatan dengan industri pariwisata dan pemangku kepentingan lainnya untuk mendukung jejaring dan kesepakatan bisnis. Kontribusi Spa untuk Tingkatkan Daya Saing Pariwisata Indonesia, Tak Bisa Dianggap Hiburan Semata

Tujuannya, menghasilkan paket wisata kesehatan Indonesia yang siap dijual. Peserta forum B2B terdiri dari 11 penyedia layanan kesehatan, 12 penyedia layanan kesehatan dan 50 pembeli dari industri pariwisata. Penyedia spa yang hadir adalah PT Mustika Ratu-Taman Sari Royal Heritage Spa dan Nurkadhatyan SPA. Mereka juga mengundang sejumlah brand spa ke berbagai pameran, seperti IWTCF (International Wellness Tourism and Conference Festival) 2022.

Yang tidak kalah penting adalah penyusunan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) kesehatan yang baik dengan berkonsultasi dengan industri terkait. SKKNI ini merupakan rumusan kemampuan kerja yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan dan/atau keahlian serta sikap kerja yang relevan dengan pelaksanaan tugas yang diberikan dan persyaratan kerja.

SKKNI terutama digunakan untuk merancang dan melaksanakan pelatihan kerja, menilai hasil pendidikan, dan menilai tingkat keterampilan dan keahlian seseorang di bidang kesehatan. Terkait ketersediaan sumber daya manusia, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan melakukan sertifikasi kompetensi di bidang spa dan wellness pariwisata, kata tim.

Wulan juga mengingatkan agar kamar mandi memiliki pohon ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Terapi tidak bisa dilakukan sembarangan karena tujuannya adalah untuk menyeimbangkan kesehatan tubuh, pikiran dan tubuh. “Jadi tidak pantas kalau ikut partai,” ucapnya.

Tulisan ini dipublikasikan di Lifestyle dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.