Komisi X Tolak Rencana Penyetopan Alokasi Dana LPDP

Sugeng rawuh Ulthyme di Portal Ini!

Ulthyme, JAKARTA – Rencana pemerintah menghentikan alokasi APBN untuk Badan Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menuai kontroversi. Alokasi APBN untuk program LPDP hendaknya dipertahankan untuk semakin meningkatkan peluang anak bangsa untuk melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi berkualitas di seluruh dunia. Komisi X Tolak Rencana Penyetopan Alokasi Dana LPDP

Prediksi Nilai Rata-rata Rapor Masuk Unpad Jalur SNBP 2024 Jurusan Soshum, Bekal Pilih Prodi

“Kami menolak penangguhan dana APBN untuk LPDP. “Menurut kami, alokasi dana LPDP sebenarnya akan ditingkatkan untuk menambah kuota mahasiswa penerima beasiswa dari program ini,” kata Ketua Komite X DPR RI Sayaful Hooda dalam keterangannya, Rabu (24/1/2). 2024).

Huda mengatakan, alokasi APBN sebesar Rp 20 triliun disediakan untuk Dana Pendidikan setiap tahunnya. Dana Pendidikan kini digunakan untuk mendanai program LPDP. “Saat ini Dana Pendidikan telah menghimpun nilai manfaat tahunan sebesar Rp140 triliun yang dapat digunakan untuk membiayai kebutuhan pendidikan pada kisaran Rp5 triliun,” ujarnya.

Huda mengatakan, kuota penerima manfaat LPDP per tahun berkisar 9.000-10.000 mahasiswa. Menurutnya, kuota beasiswa harus ditingkatkan agar lebih banyak pelajar Indonesia yang berkesempatan kuliah di universitas ternama baik di dalam maupun luar negeri. “Dan salah satu cara untuk menambah kuota adalah dengan menambah dana pendidikan LPDP, bukan dipotong,” ujarnya.

Politisi PKB ini mengatakan, Angka Partisipasi Kasar (AGR) perguruan tinggi di Indonesia masih rendah dibandingkan negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Thailand, bahkan Vietnam. Salah satu penyebab rendahnya IPK pada pendidikan tinggi adalah mahalnya biaya pendidikan tinggi.

“Kami percaya bahwa pemerintah harus mulai mempertimbangkan langkah-langkah revolusioner untuk meningkatkan kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan ke tingkat universitas.” “Bisa dengan memanfaatkan dana beasiswa,” ujarnya.

Sekadar informasi, rencana penghentian beasiswa LPDP diungkapkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhajir Effendi. Salah satu penyebab penangguhan tersebut karena anggaran LPDP hampir mencapai 140 miliar dram. Oleh karena itu, Muhajir menjelaskan, jika anggaran masih dalam peninjauan, maka alokasi APBN ke LPDP akan ditangguhkan. Meski demikian, bukan berarti beasiswa LPDP akan dihapuskan di kemudian hari. Komisi X Tolak Rencana Penyetopan Alokasi Dana LPDP

Tulisan ini dipublikasikan di Edukasi dan tag , , , , , . Tandai permalink.