Ini Keutamaan dan Hikmah Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Sugeng rawuh Ulthyme di Portal Ini!

Jakarta – Idul Adha merupakan salah satu hari raya terpenting dalam Islam yang dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Ini Keutamaan dan Hikmah Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Kurban Idul Adha yang diperingati setiap 10 hari Dzulhijjah, mempunyai banyak keutamaan dan hikmah tersendiri. Tahun ini Idul Adha dijadwalkan jatuh pada Kamis, 29 Juni 2023.

Dikutip dari website Badan Amil Zakat Nasional, kata qurban (kurban) dalam bahasa Arab berasal dari akar kata Qaraba, Yaqrabu, Qurbanan yang artinya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, ibadah kurban mengajarkan masyarakat untuk selalu memperhatikan nasib si kecil. Mereka yang bisa bersimpati dengan mereka yang lemah. 7 Tokoh Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Beserta Peran Masing-masing

Kurban yang disembelih kemudian dibagikan kepada fakir miskin, mengajarkan bahwa orang yang diberi banyak makanan oleh Allah tidak boleh lupa diri. Hewan yang disembelih pada hari raya Idul Fitri biasanya adalah kerbau, kambing, domba, dan sapi.

Perintah berkurban hanya diperuntukkan bagi mereka yang mampu, sebagaimana tertulis dalam ayat Al-Qur’an berikut ini:

“Maka berdoalah kepada Tuhanmu dan berkurbanlah (dalam beribadah kepada Allah). (Al-Kautsar: 2)

Berkurban sebenarnya adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Imam merupakan wujud ketaatan dan ketundukan ciptaan kepada sang pencipta.

Barangsiapa yang berkurban karena takut kepada Allah, maka Allah menerima pengorbanan itu sebagai amal kebaikan di sisi-Nya. Dalam surat Al-Maida: 27 Allah berfirman:

“Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Maida : 27)

Pengorbanan juga menjadi salah satu cara seseorang untuk mencapai ketakwaan. Yang ingin kita capai dalam upacara kurban ini bukanlah mempersembahkan daging dan darah, melainkan menerima kesalehan. Allah (swt) berfirman: “Daging unta dan darahnya tidak dapat memperoleh keridhaan Allah), tetapi ketakwaanmu dapat.” (K.S. Al-Hajj : 37)

Pengorbanannya juga akan menjadi saksi perbuatan baik di akhirat. Ketika dia melakukan ibadah kurban, dia akan menerima banyak pahala dari Allah. Ini Keutamaan dan Hikmah Berkurban di Hari Raya Idul Adha

Dalam hadis riwayat Ibnu Majah, kurban merupakan amalan yang paling dicintai Allah. Nantinya, pengorbanan tersebut akan menjadi kesaksian di hari penghakiman cinta.

“Tidak ada pekerjaan yang dilakukan anak Adam pada hari Qurban yang lebih dicintai Allah daripada menumpahkan darah. Sesungguhnya pada hari kiamat dia akan datang dengan membawa tanduk, kuku, dan bulunya. Sesungguhnya darah ini akan mencapai Ya Allah sebelum jatuh ke tanah, maka tingkatkanlah semangatnya.” (HR. Ibnu Majah) Doa membawa pahala surga, begitu pula kesucian Isra Mirajji Menurut Gus Baha, Gus Baha menjelaskan bahwa Imam Ghazali, kepada seseorang kala kehebatan manusia disamakan dengan kehebatan ciptaan lain yang diciptakan. oleh Allah SWT.Ulthyme 8 Februari 2024

Tulisan ini dipublikasikan di Edukasi. Tandai permalink.